Kelas Fiber Optik

siswa siswi SMKN 2 Banjarmasin berbagi pengetahuan dengan para siswa SMK yang lain

Kelas FO, ialah sebutan yang digunakan sebagai tempat pembelajaran dan praktik bagi siswa siswi dari beberapa SMK di Banjarmasin yang melakukan kegiatan tersebut yang dibantu oleh pihak PT. Upaya Teknik mengenai hal-hal yang berhubungan dengan Fiber Optik. Awal mula kegiatan Kelas FO ini tercipta dari TKJ SMKN 2 Banjarmasin, yang dimana saat itu hanya beberapa murid TKJ SMKN 2 Banjarmasin yang melakukan pembelajaran praktik ini. Sehingga memunculkan sebuah inovasi untuk saling berbagi dan membantu SMK yang lain untuk ikut merasakan praktik ini. Jadi, dalam Kelas FO ini para siswa siswi SMK yang benar benar ingin mengetahui ilmu diajarkan segala praktik mengenai dunia Fiber Optik. Disini selain diajarkan tentang praktik, para siswa siswi SMK juga diajarkan untuk menjadi seorang Leader, yang dimana nantinya bisa membagikan ilmu yang ia miliki dengan orang lain. Sehingga, setelah bisa melewati semua praktik yang telah dipelajari, siswa siswi ini juga dituntut untuk bisa berbagi ilmu, berawal dari mengajarkan praktik kembali dengan teman sebayanya, hingga sampai bisa berbagi dengan semua orang dari berbagai kalangan usia, tentunya dengan attitude yang sesuai.

Di Kelas FO ini para siswa diajarkan dari dasar nya, yaitu dari yang pertama cara mengupas kabel, adapun kabel yang digunakan untuk pertama kali ini biasanya kabel Patch Cord, Pigtail, dan Drop Core. Dalam melakukan praktik tersebut kita dituntut untuk benar benar familiar menggunakan alat nya, dan untuk mengupas kabel itu sendiri menggunakan alat yang bernama Stripper. Jika sudah mulai terbiasa mengupas dan menggunakan Stripper tersebut, dilanjutkan dengan pemotongan core Fiber Optik. Setelah terkupas dari semua yang melapisi core tersebut, kemudian core akan dipotong menggunakan alat yang bernama Cleaver. Selanjutnya para siswa tersebut kemudian diajarkan cara splicing kabel Fo  menggunakan alat bernama Splicer.

share informasi mengenai pengupasan kabel dan penyambungan kabel dengan SMK lain

Setelah siswa siswi tersebut “jago” menyambung core FO, level kesulitan dinaikkan menyambung FO dengan posisi berdiri, kemudian posisi diatas meja dan terakhir di atas tangga (diatas ketinggian). Saat itu siswa siswi tersebut benar benar merasakan tingkat kesulitan yang berbeda beda, dimana mereka harus menyesuaikan keadaan mereka sehingga mereka dapat merasakan bagaimana menjadi seorang teknisi FO.

penyambungan core FO berdiri diatas meja
penyambungan core FO diatas tangga sudah menggunakan helm dan body harness

Untuk Kelas tingkat lanjutnya, mereka harus benar benar sudah terbiasa dalam melewati semua yang diajarkan di tingkat dasar tadi. Jika benar benar sudah matang, mereka diajak untuk melihat bagaimana keadaan praktik dilapangan. Biasanya mereka disuruh untuk ikut teknisi dan mempelajari hal hal penting yang ada dilapangan tersebut. Sehingga membuat mereka tau dan mengetahui bukan hanya tentang teori tetapi mereka melihat secara langsung serta dapat mempraktikannya disana.

Saya sebagai salah satu siswa yang mengikuti kelas FO telah belajar berbagi dengan anak anak SMK dari sekolah yang lain setiap adanya kelas FO ini. Jadi, setiap hari Jum’at dan Sabtu mereka datang ke PT. Upaya Teknik untuk mengikuti kegiatan ini. Ini benar benar sangat bermanfaat bagi mereka, karena untuk praktik Fiber Optik ini sulit diajarkan oleh pihak sekolah dikarenakan alat yang digunakan sangat mahal sehingga semua SMK hampir tidak memiliki alat alat yang diperlukan sehingga pembelajaran dan praktik mereka terbatas untuk itu. Oleh karena itu, dengan adanya kelas FO mereka mendapat kesempatan untuk menambah pengetahuan dan pengalaman mereka tentang Fiber Optik. Tidak semua siswa langsung diajarkan di Upatek, hanya beberapa saja yang mau benar benar memiliki keingintahuan yang tinggi, oleh karena itu mereka dituntut harus bisa menjadi seorang Leader, karena mereka dianggap mewakili teman teman mereka yang tidak bisa ikut, jadi mereka harus bisa membagikan ilmu yang telah mereka dapatkan selama kegiatan di kelas FO ini.

siswa SMKN 2 Banjarmasin bersama pimpinan dari PT. Upaya Teknik, Bapak Arif Achmadi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *